PONPES RB

PONDOK PESANTREN PUTRI
 “ROUDLOTUL BANAT”
Jl. A. Yani 343 Pereng, KEC. TAMAN, KAB. SIDOARJO
TELP. 031-7886209/7882027

A.  Pondok Pesantren Putri Roudlotul Banat
1.      Berdiri Pada Tahun      : 1377 H/1946 M
2.      Pendiri (Al Mu’assis)   : K. Abd. Rohman (W. 1971)
  Ibu Nyai Masyrifah (W. 1970)
3.      Dewan Pengasuh          : Ust. KH. Abd. Hafidz, BA.
  Ust. H. Shodiq, AR.
  Ust. Drs. M. Fauzi Said, Msi.
  Ust. Dr. M. Yusam Thobroni, M. Ag.
  Ust. Abu Dzarrin Al Hamidy S. Ag.
  Ust. Drs. Mafudz Adnan
  Ust. Lukman Hakim
  Ust. Sholichin
  Ust. Ali Fikri
  Ibu Hj. Machshunah
  Ibu Dra. Amirotul Mukminah, M. Pd. I.
  Ibu Aminatuz Zahra
  Ibu Istifadah Fauzi
  Ibu Khusnul Abadiyah
  Ibu Imroatul Mufidah
  Ibu Mazinatul Khoriroh
4.      Pengurus Inti Korps Pelajar P.P.P. “Roudlotul Banat” Periode 2005-2006
Ketua                : Nuri Wachidah S
Wakil Ketua     : Diyah Anjar Sari
Sekretaris          : Nur Afiyah
Bendahara        : Latifah Azmi

B.  Asrama Pondok Pesantren
Asrama pondok terdiri atas 3 (tiga) komplek, yaitu :
1.    Komplek Khodijah terdiri atas 4 (empat) kamar;
2.    Komplek Hafshoh terdiri atas 6 (enam) kamar;
3.    Komplek Hufadz terdiri atas 1 (satu) kamar.

C.  Sistem Pendidikan
1.    Pendidikan Non Formal
a.    Pengajian sorogan
Model pengajian ini ialah santri membaca kitab didepan seorang Ustadz/Guru, kemudian merangkum/meresume apa yg telah di baca, lalu menyimpulkan dari bab-bab yang telah dibaca. Sedangkan Ustadz/Guru bertugas membetulkan manakala terjadi kesalahan.
b.    Pengajian weton
Materi yang disampaikan, meliputi Ilmu Fiqh, Hadits, Tafsir, Tashawuf, Tauhid, Akhlaq,. Pembacanya terdiri atas para Pengasuh/Ustadz/Guru dari santri senior. Sedangkan yang mengikuti sistem pengajian ini adalah seluruh santri, khususnya yang sudah menguasai gramatika bahasa Arab.
c.    Pengajian tartil Al-Qur’an
Pengajian tartil Al-Qur’an ialah pengajian al-Qur’an dengan sistem klasikal yang diikuti oleh santri putri yang langsung dibimbing oleh para Ustadz/Santri senior dengan tujuan agar supaya para santri di dalam membaca al-Qur’an selalu berpijak pada ilmu tajwidul Qur’an, kemudian dapat membaca al-Qur’an dengan menggunakan nada yang baik sehingga nantinya jika para santri membaca al-Qur’an maka lantunan bacaan yang mereka ucapkan dapat menyejukkan hati pendengarnya.
Adapun waktu pengajian ini adalah setiap hari, ba’da subuh dan maghrib. Kecuali hari jum’at dan sabtu.
d.   Jam’iyatul Qurra’ (Qiro’ah)
Landasan dari diadakannya program pembelajaran Jam’iyatul Qurra’ (Qiro’ah) ialah agar para santri memiliki kemampuan dan wawasan lebih dalam pengetahuan seni membaca al-Qur’an.
e.    Dziba’iyyah, Tahliyyah dan Manaqib
Secara mendasar kegiatan Tahliyyah bermuara pada pelatihan mental spiritual dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT.  Kemudian, untuk kegiatan Dziba’iyyah dan Manaqib selain ditujukan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, juga ditujukan untuk sarana pendidikan dalam konteks penambahan wawasan sejarah hidup dan perjuangan nabi beserta ulama’-ulama’ terdahulu.
f.     Menejemen dan Keorganisasian
Suatu kegiatan yang dimaksudkan untuk membina para santri dalam bidang organisasi dan kegiatan ini diserahkan kepada Organisasi Daerah (ORDA) secara otonomi, dalam hal ini ORDA Sidoarjo dan ORDA Surabaya. Dan telah disepakati tentang masa kepengurusannya sebagaimana yang tertian dalam AD/ART ORDA adalah selama satu tahun, sama dengan masa kepengurusan Korp Pelajar Pondok Pesantren.
Adapun formasi kepengurusan inti adalah sebagai berikut:
1)   ORDA Sidoarjo
Ketua                   : Diyah Anjar Sari
Sekretaris             : Erma Yuli Widayanti
Bendahara            : Latifah Azmi
2)   ORDA Surabaya
Ketua                   : Nur Wachidah S
Sekretaris             : Nur Afiyah
Bendahara            : Asmaul Khusna
g.    Muhadlarah
Yaitu suatu kegiatan latihan berorasi/berpidato (Khitobah) dengan tujuan untuk melatih mentalitas para santri di dalam menghadapi masyarakat, lebih-lebih bila para santri telah pulang ke tempat tinggal masing-masing.
Dikarenakan Organisasi Daerah (ORDA) juga mempunyai program yang sama, maka telah disepakati untuk ditentukannya job description atau pembagian tugas yang jelas agar tidak terjadi tumpang tindih, baik dalam hal bentuk kegiatan maupun waktu pelaksanaannya. Bahkan agar saling terkait dan saling mendukung, sehingga tujuan akhir yang dimaksudkan akan sama-sama dapat tercapai.
h.    Forum Kajian Islam (FKI)
Adalah sebuah kajian dalam bentuk diskusi untuk mengkaji berbagai masalah sosial dilihat dari sudut pandang dan kebutuhan agama, juga masalah-masalah intern para santri dalam arti makro. Forum ini dimaksudkan untuk mempertajam kepekaan para santri dalam menyikapi perubahan zaman. Adapun jadwal pelaksanaannya yaitu pada senin ke empat/akhir setiap bulan.
i.      Takarud Durus
Yaitu aktifitas belajar bersama-sama pada jam belajar yang telah ditentukan, tepatnya pada pukul 20.30 s.d 21.30 WIB yang kemudian bisa dilanjutkan secara mandiri.
j.      Istighosa
Yaitu aktifitas belajar secara berjama’ah dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sebagai implementasi dari upaya menyatukan antara piker dengan dzikir yang harus dimiliki oleh para santri. Adapun jadwal pelaksanaannya adalah setiap Jum’at Legi tiap bulan. Untuk masyarakat sekitar, para alumni dan wali santri boleh mengikuti kegiatan ini.
k.    Khotmul Qur’an
Suatu kegiatan tadarrus al-Qur’an oleh para santri putri dalam rangka memenuhi kebutuhan rokhani dengan target selesai dalam sehari yang dilaksanakan minimal satu bulan satu kali, tepatnya pada hari jum’at legi.
l.      Senam Kesegaran Jasmani
Merupakan wujud dari upaya menjaga keseimbangan (Tawazun) antara kebutuhan jasmani dengan kebutuhan rohani.
m.  Lembaga bahasa
Lembaga ini secara resmi berdiri pada tanggal 1 maret 1996 yang sebenarnya telah dirintis mulai periode sebelumnya (1994-1995). Sebagai kordinatornya adalah ustadzah Umi Pujiana alumnus Pondok Pesantren Ngabar Wali Songo.
Dari segi usia, memang relative sangat muda, untuk itu upaya-upaya penyempurnaan dan perbaikan , baik dari segi kelembagaan maupun operasional jam kerjanya senantiasa terus dilakukan. Sebagai langkah awal, yang diperioritaskan terlebih dahulu adalah bahasa Arab.
1)   Penyampaian Materi Bahasa
Materi bahasa Arab ini disampaikan kepada seluruh santri setiap hari (kecuali hari jum’at/hari libur) pada jam 07.00-08.00 WIB yaitu bagi santri yang sekolah sore dan jam 16.00-17.00 WIB bagi santri yang sekolah pagi.
2)   Praktek Bahasa
Sebagai Follow up (tindak lanjut) dari materi/teori-teori yang disampaikan, maka diadakan praktek berbahasa. Hal ini dimaksudkan agar santri dapat aktif berbicara dengan bahasa Arab. Sedangkan waktu pelaksanaan praktek berbicara bahasa Arab adalah hari ahad pagi setelah senam, dan hari senin, selasa, rabu.
n.    Jadwal Aktivitas Keseharian Santri

NO
PUKUL
AKTIVITAS
1
03.30-04.15
Shalat Lail
2
04.15-05.00
Shalat subuh berjamaah dilanjutkan penyampaian mufrodat 3 bahasa
3
05.00-05.20
Pengajian tartil al-Qur'an
4
05.20-05.30
Persiapan sekolah *
5
05.30-06.00
Pengajian sentral
6
06.15-…….
Berangkat ke sekolah
7
07.00-08.00
Penyampaian materi bahasa Arab (Idlaf)
8
08.00-09.00
Shalat Duha dan dilanjutkan dengan pengajian kitab**
9
09.00-10.00
Belajar**
10
10.00-11.30
Istirahat Qailulah*
11
11.30-12.00
Persiapan sekolah dilanjutkan dengan shalat dhuhur berjamaah**
12
12.00-…….
Makan siang, kemudian berangkat sekolah**
13
12.00-13.00
Shalat Dhuhur berjamaah dan dilanjutkan dengan makan siang*
14
13.00-13.30
Belajar*
15
13.30-15.00
Istirahat Siang*
16
15.00-15.30
Shalat Ashar berjamaah
17
15.30-17.00
Penyampaian materi bahasa Arab (Idlaf)
18
17.00-17.25
Pengajian Kitab*
19
17.25-17.30
Persiapan untuk madrasah diniyyah dan shalat maghrib berjamaah
20
17.30-18.00
Shalat Maghrib
21
18.00-19.30
Madrasah Diniyyah Ttsanawiyah-Aliyah
22
19.30-20.30
Makan malam dan persiapan belajar
23
20.00-21.30
Takrarud durus (belajar bersama)Istirahat malam
24
21.30-13.30
Istirahat Malam

Keterangan :    Maksud tanda (*) tersebut adalah bagi santri yang sekolah pagi
                        Maksud tanda (**) tersebut adalah bagi santri yang sekolah sore

Tidak ada komentar:

Posting Komentar